Home.Beranda                     Download.AdC Hotspot                    Situs               HUBUNGI.Sugiyarto                                         

17 September 2009

Jaringan Nirkabel Perangkat Electonik Rumah Tangga

oleh : Abdullah al muzammi


Perkembangan jaringan wireless ini tidak hanya sebatas di gunakan sebagai mediator pendukung pada penggunaan jaringan secara luas maupun yang interlocal, ternyata dari kemajuan teknologi ini menimbulkan banyak ide-ide baru yang tidak hanya seputar jaringan computer, namun untuk perallatan rumah tangga dan perabotan lainnya sudah bisa di kendalikan secara jaringan tentunya dengan menggunakan terknologi wireless ini.
Contoh kecillnya kulkas, AC dan TV bisa dikendalikan meski kita berada di luar rumah, baik dikantor, di pasar ati bahkan saat anda mudik yang bisa memafaatkan kamera online dirumah tersebut dengan system kendali yang tentunya dibutuhkan server koneksi ke internet.

yang akan penulis bahas kali ini yakni bagaimana struktur dan merancang system jaringan pada TV, camera dan audio system pada peratan rumah tangga.
Untuk strukturnya pada gambar 02 berikut akan dijelaskan bagaimana system kendali yang di gunkan oleh sebuah PC dengan menggunkan jaringan wifi untuk terhubung dengan masing-masing parabotan.

Broadband Modem : di gunkan untuk akses internet kecepatan tinggi yang kan di hubungkan ke acces point kemudian ke PC
Media Adapter merupakan pengkat penerima share data kiriman dari PC yang di pasang di setiap masing-masing perangkat seperti audio video dan lainnya.
Broadband Acess Point : merupakan pusat komunikasi yang terkoneksi ke broadband modem yang dapat terhubung kesemua perangakat yang mempunyai acces wifi.
Internet video camera adalah perangkat tamabahan dimana bisa digunakan untuk mengawasi ruangan yang di tentukan.

Modem yang di hubungan ke ISP disambugkan ke broadband acces point kemudian ke PC, di PC sendiri telah tersedia perangkat wifi yang telah terpasang pada medel model wifi onbord motherboard. Jadi melalui PC data yang di share akan dikirim ke audio video untuk terdetksi data dan folder yang di kirim.
Untuk TV sendiri terpasang media adapter, dimana untuk video dan data yang terkirim dapat dilihat dan diputar pada TV tersebut.

Tidak ada komentar: