Home.Beranda                     Download.AdC Hotspot                    Situs               HUBUNGI.Sugiyarto                                         

17 September 2009

Diagram Jaringan setingan Wireless N Router

Connect to Cable/DSL/Satellite Modem

oleh : abdullah al muzammi

Untuk setingan yang kita gunakan disini diperlukan sebauh Wireless n router serii DIR-615 300Mbps dimana di fungsikan sebagai media connect ke ISP. Penulis merekomendasikan untuk kerpeluan acces internet yang tersdia sekarang belum mencapai 300Mbps. Jadi cukup dengan kecepatan 11Mbps, 54Mps dan 108Mbps, sudah termasuk memenuhi syarat kegunaan terconet dengan ISP anda, namun dengan kecepatan yang berbeda tentunya.

Kemudian untuk memenuhi standar IEEE 802.11 perlu sedikit penulis jelaskan disini mengenai ragam macam type yang di standari sasi oleh IEEE tersebut :

- 802.11a : mensuport untuk kecepatan bandwidth 54 Mbps dengan ketentuan pita frekuesi lisensinya 5 Ghz.


Gambar 0.1

- 802.11b : bandwidth 11Mbps dan lebar pika frekuensi leisensinya 2.4 Ghz

- 802.11.g : bandwidth 5.4 Mbps dengan lebar pita 2.4 Ghz.


Dari penjelasan di atas penulis tidak membahas lebih lanjut tentang model IEE 802.11 karena pada sesi berikutnya penulis kan mencoba mengupas lebih untuk dapat dipahami dan di mengerti. Agar kita bias menetuka pilihan yang tepat untuk kita gunaka dalam implentasinya.

Untuk diagram setingan W n R menggunakan coneksi kabel/DSL ke modem yang kita gunakan, berikut peralatan yang disediakan :

- wireless n Router 300Mbps (bisa menyesuaikan)

- 2 PC sebagai media remote control admin dan user client

- Kabel RJ45 dengan konektor terpasang lengkap ( bisa juga menggunkan kabel bawaan W n R nya)

- 1 buah wireless USB 54Mbps TPLINK

Untuk komponen tambahan silahkan anda sesuaikan dengan kemampuan kantong anda, tinggal ditambah wireless akses untuk media player yang dapat terkonesi ke layar TV anda atau buat game, pada sesi berikutnya juga penulis akan membahas setingan dan diagram untuk perlatan eletornik wifi pada rumah tangga sederhana anda.



Tidak ada komentar: