Home.Beranda                     Download.AdC Hotspot                    Situs               HUBUNGI.Sugiyarto                                         

16 Juni 2009

Antenna Semicircular Radiation Diagram for 2.4 GHz

Antenna Semicircular Radiation Diagram for 2.4 GHz



Minggu 29 maret, adchotspot mencoba memasang antena sektoral pada tower adchotspot. dari hasil yang diperoleh pencaran sinyal yang didapat sangat bagus.

Dari jarak 500 meter dengan menggunkan laptop merek Pico tanpa perangkat penguat wireless external masih bisa mendapatkan sinyal 70 s/d 80%.

Di bandingan dengan radius menggunakan antena wajan, bisa di simpulkan antenas jenis Semicircular Radiation Diagram for 2.4 GHz lebih efektif.

Untuk rangkaian dan sistem perakitannya serta sefesifikasinya anda dapat mendownload disini Folder ADCHotspot

Hasil Uji yang kami lakukan dapat membuktikan bahwa menggunakan antena jenis ini sangat bagus daya pancarnya. dengan menggunakn AP TP-Link 108M wireless Access Point TL-WA601G
dengan di seting WDS maka pancaran yang di terima cliet dengan jarak 1km mendapatkan full sinyal dari areahotspot yang kami bangun.

Dengan demikian kami menyimpulkan akan mengganti antena radio dengan wajan dengan menggunakan antena jenis ini.







berikut untuk ukuran dari antenanya.

























untuk Lebih lengkapnya jika anda ingin mengetahi sfesifikasi perakitan silahkan hubungi kami. kami akan siap membantu sebisa mungkin.

SEMICIRCULAR yang berarti antena Berbentuk setengah lingkaran, ini masih belum banyak di public di media. Disini kami dari tim adchotspot mecoba dan merakit antenna ini dan melakukan perbandingan dengan atena jenis lainnya.

Beberapa bloger menulis banyak tentang antenna ini, namun kami lihat hanya di public berupa hasil yang di dapat. Dan jarang yang mem buat catatan kecil dari mulai perakitan sampai implemetasinya. Di sini kami dari tim crew adchotspot mecoba membuat skema simulasi rancangan dari hasil survey di lapangan. Namun kami akan membahas menganai dasar menganai antenna ini.
Antenna yang mempunya gaint 16.5dbm ini sangat efektif untuk menggantikan antenna wajan yang pernah anda buat. Alasannya selain mempunya dbm yang lebih disisi lain cara perakitan yang cukup sederhana ini membuat baik para pemula dan para pencinta dunia jaringan akan mudah menggandrunginya.
Antenna jenis vertical ini biasa di digunakan pada band VHF (Verry high Frekuensi) dan UHF (ultra high frekuensi). Ketebalan conductor dalam gelombang menjadi masalah dalam panjang gelombang yang di hasilkan. Oleh karena itu di kawat tembaga yang di pasang seperti gambar di bawah ini. Yang akan menentukan impendasi .

(sumber toeri dasar antena .. download file doc )

crew03 adchostpot (abdullah al muzammi)

3 komentar:

Pak Mansur mengatakan...

mas... sampe berapa biaya membuat hotspot seperti punya adc itu yang bisa sampe 500m. atau kalo hanya mau yang 100m/200m saja bagaimana. Tapi ditempat saya hanya ada speedy yang 486 Kbps, bisa bagus gak klo di hotspotkan

tks.

Sugyarto mengatakan...

kanda :
untuk buat hotspot tempat side nike. kalau misal pakai speedy dengan kecepatan 486Kbps, tentu nanti usernya sangat terbatas.

mengenai radius dari antena ini lumanya jauh kanda. kalau untuk antena hotspot home area ini bisa jadi rekomendasi.

kalau ketakutannya nanti ada yang temabak dari luar. baut aja nanti di AP (akses pointnya) mac adress komputer mana aja yang bisa terkonesi..

terimakasih . .
crew adc

Pak Mansur mengatakan...

Ok. Mas

nanti kalo tiang jadi bikin yang rencananya paten, nanti tiang japri side atau A.Muzammi

Terima kasih