Home.Beranda                     Download.AdC Hotspot                    Situs               HUBUNGI.Sugiyarto                                         

16 Maret 2009

Sekilas mengenai Antena II

Sekilas mengenai Antena

Salah salah satu komponen terpenting dalam telekomunikasi ialah antenna, yang dapat menetukan jarak suatu pancaran. Dari ADCHOTSPOT sendiri mengakui factor dalam hal antenna salah satu kendala yang memperngaruhi kinerja jaringan komunikasi client dengan tower ADCHOTSPOT yang di arahkan. Jika alat yang di gunakan bagus terutama antenanya maka koneksi untuk jaringan juga akan lebib baik. Kunci dari efesiensi sebuah antenna ialah kemampuan untuk mengeluarkan daya antenna yang maksimum, arah antena, lebar antenna sudut radiasi dan polarisasi. Pada bagian ini saya akan mengulas mengenai dasar antenna. Yang mengeluarkan RF yang kemudian di salurkan ke transmisi menuju antenna, bila saluran transmisi dan antenna tidak sesuai maka daya akan terbuang ke tengah jalan dan antenna juga tidak akan bisa mengeluarkan transmisi.

Kita ambil contoh misakan kita mengambil kerikil di lemparkan kedalam air, maka riak gelombang ( dengan arus lemah) akan bergerak dengan jarak pendek. Bila batu di lemparkan ke dalam air maka akan timbul riak gelombang yang kuat, da bergerak dengan jarak jauh.

Pada antenna yang di perlukan ialah bagaimana arus besar dapat di salurkan lewati antenna, pertama antenna harus di atur sesuai dengan frekuensi yang di pancarkan.saluran transmisi juga harus sesuai, misalkan sebuah transceiver mempunyai impedasi 50 ohm, maka kabel atau saluran transmisi juga harus 50 ohm antenna 50 ohm, ini di katakana sesuai, kawat untuk antenna setengah gelombang.



(artikel ini di tulis dengan diketik manual lansung dari sumber bukunya : Pengantar Telekomunikasi : Robeth . R Erwin oleh. Abdullah Al Muzammi –creww adchotspot- 2009)

* harap menyertalan url dan sumber tulisan jika anda ingin mencopy Link dan materi

Tidak ada komentar: