Home.Beranda                     Download.AdC Hotspot                    Situs               HUBUNGI.Sugiyarto                                         

16 Maret 2009

Apa itu telekomunikasi ?

Telekomunikasi adalah suatu cara untuk menyampaikan atau menyebarluaskan berita, informasi, pikiran dan nilai-nilai kepercayaan, dabn banyak lagi.

Penyampain berita beragam bentuk dan caranya. Bias lewat media cetak seperti surat kabar, desas desus di warung kopi. Dan komunkasi yang di samapaikan tanpa menggunakan transportsai. Sebagai contohj sederhana: kentongan,asap serpti yang di gunakan orang Indian di ameriak. Komunikasi ini di gunakan untu jarak terbatas.

Jika isyarat dengan asap di gunakan orang Indian pada zaman dahulu, maka orang sekarang menganggap bahwa komunikas lewat eletronika yang paling tepat. Telekomunkasi ada 2 macam yakni :

  1. Telekomunikasi menggunakan kabel

serpeti kabel telpon, intercom, tv kabel dengan jarak terbatas

  1. Telekomunkasi tanpa kabel

Telekomunikasi tanpa kabel dapat menjakau keseluruh dunia, tergantung pada jenis frekuensi dan antenna yang di gunakan. Tepatnya telekomunikasi tanpa kabel menggunakan gelombang eletro magnetic yang dapat mengirimkan informasi tanpa menyangkut alat satu benda. Serpti pengiriman surat atau informasi lainnya yang sangat penting dan segera. Tentu membutuhkan pengangkutan. Dalam gelombang electromagnetic kita dapat mengirim informasi dalam bentuk suara, data,tulisan dan foto yang di samapikan kepada penerima. Baik dekat maupun jauh tanpa memerlukan pengankutan.

Satelit komunikasi

Satelit komunikasi sebenarnya merupakan stasiun relay/repeater gelombang micro yang di letakan di angkasa. Fungsi satelit ialah komunikasi menerima sinyal radio dengan bidang frekuensi tertentu dari bumu. Dan di kirimkan kembali sinyal radio itu ke permukaan bumi setelah memelaui proses untuk di perkuat dan di rubah kedalam bentuk bidang frekuensi yang berbeda.

Pemasangan stasiun penghubung dari satelit ke bumi di sebut stasiun bumi. Stasiun bumi ini berfungsi untuk memancarkan sinyal radio ke satelit dan menerima kemabli sinyal radio dari satelit. Pada gambar berikut akan di gambarkan konfigurasi dari suatu system komunikasi satelit dengan system satelit dan interrenstial :



Statsiun bumi A memacarkan sinyal radio kearah satelit dengan bidang frekuensi yang di sebut dengan “lintas atas” atau uplink. Satelit menerima sinyal radio ini. Kemudian di perkuat dengan mengubah bidang frekuensi pada “lintas bawah” atau downlink memancarkan ulang kea rah stasiun bumi B.

Transponder

Suatu satelit terdiri biasanya atas bebrapa transaporder. Transponder ialah peralatan yang berfungsi menerima sinyal, memperkuat frekuensi dan memancarkan ulang sinyal tersebut. Setiap transponder memiliki bandwidth tertentu satelit seperti INTELSAT, IV, ANIK dan westar mempunyai transponder yang masing-masing memiliki lebar bandwidth( lebar bidang frekuensi) 36 MHz. satelit westar memiliki 12 transponder. Pada satelit INTELSAT I , bandwith 25MHz, satelit INTELSAT II 130 MHz, satelit INTELSAT III 255Mhz. sebagai gambaran bandwidth 36Mhz adalah sesuai dari bandwidth dari a. satu kanal televise warna suara. B. 1200 kanal suara




(artikel ini di tulis dengan diketik manual lansung dari sumber bukunya : Pengantar Telekomunikasi : Robeth . R Erwin oleh. Abdullah Al Muzammi –creww adchotspot- 2009)

* harap menyertalan url dan sumber tulisan jika anda ingin mencopy Link dan materi


Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini